Jumat, 10 Februari 2012

15 MITOS KECANTIKAN! BENER GAK SIH?


Banyak banget mitos seputar kecantikan yang beredar dikalangan cewek. Entah sumbernya dari mana, yang pasti udah banyak yang terpengaruh , dan gak sedikit yang malah tersesat dengan mitos—mitos gak jelas ini. Sebelum kamu jadi korban mitos, cari tau dulu mana yang bener dan mana yang enggak.

Bicara soal kecantikan emang gak ada habisnya. Jangankan cowok, sesame cewek pun pasti tertarik dengan kecantikan. Bedanya yang cowok dalam konteks mengagumi, sedangkan yang cewek dalam konteks mengusahakan. Yup, semua cewek punya insting untuk mengusahakan kecantikan buat dirinya.
Tapi sayang, saking banyaknya sumber yang berbicara tentang kecantikan, informasi tentang kecantikan itu sendiri jadi campur aduk. Karena kejadian ini berlangsung turun-temurun, banyak teori-teori yang akhirnya dianggap bener.
Nah, sebagai cewek smart, pastinya kamu gak bisa dong nerima semua teori gitu aja tanpa tau sumbernya dan nyari tau kebenarannya kan ? untuk itu kamu harus baca hasil penemuan dibawah ini supaya gak kemakan mitos.
1.      Kulit kering lebih cepat keriput
Salah! Kerutan terjadi karena banyak factor, diantaranya umur. Kulit kering hanya salah satu jenis kulit, dan kalo dirawat dengan bener, bukan gak mungkin bisa lebih kencang dari jenis kulit lainnya.
2.      Pake high heels bikin varises
Bener! Kelamaan dan keseringan pake high heels emang beresiko bikin kaki varises. Soalnya saat make high heels tekanan darah yang mengalir ke kaki lebih banyak karena tumpuan berat badan jadi lebih berat.
3.      Nyisir rambut sesering mungkin bikin rambut berkilau
Salah! Nyisir rambut emang baik supaya bisa melerai yang kusut dan bikin kadar minyak dikulit kepala jadi merata. Tapi keseringan nyisir juga bisa bikin rambut kering dan kulit kepala luka.
4.      Pasta gigi bisa nyembuhin jerawat
Bener! Bahan yang terkandung dalam pasta gigi emang bisa ngobatin jerawat. Tapi h banyak-banyak karena bisa bikin iritasi. Lagian kalo emang ada obat jerawat yang sebenernya, ngapain pake odol?
5.      Mencukur rambut bisa bikin tambah lebat
Salah! Mencukur rambut atau bulu yang ada di tubuh gak bikin rambut atau bulunya jadi tambah lebat. Setiap rambut atau bulu yang ada di tubuh kita udah mempunyai ukuran yang berasal dari akarnya. Dan, mencukur saja gak bikin akarnya berubah.
6.      Pori-pori wajah bisa dikecilin
Salah! Banyak masker dan jenis perawatan lain yang bisa ngecilin pori-pori wajah, tapi itu hanya untuk sementara. Sampe saat ini belum ditemuin cara untuk ngecilin pori-pori. Bersiin muka memang bisa bikin pori-pori kelihatan lebih kecil tapi itu karena kotoran yang ada di rongga pori-pori terangkat, sehingga warna kulitnya jadi lebih merata.
7.      Pake kuteks bikin kuku menguning
Bener! Make kuteks dalam waktu lama, apalagi yang warnanya gelap emang bisa ngerusak warna asli permukaan kuku. Emang gak bahaya, tapi setidaknya kuku butuh waktu istirahan 1-2 hari untuk mulihin lagi kondisi aslinya.
8.      Nyilangin kaki bikin varises
Salah! Duduk dengan nyilangin kaki bukan penyebab timbulnya varises. Selama duduknya dalam keadaan rileks dan sesekali ngelurusin kaki, gak bakal varises kok.
9.      Lemak kakao atau minyak zaitun bisa ngilangin bekas luka
Salah! Bekas luka atau goresan yang terjadi dikulit gak bisa diilangin dengan lemak kakao atau minyak zaitun. Karena kulit terdiri atas beberapa lapisan. Jadi minyak-minyak ini gak bisa merembes sampe ke lapisan dalamnya.
10.  Coklat bikin jerawat
Salah! Jerawat timbul karena berbagai factor, bisa dari dalam maupun dari luar. Tapi coklat gak bersalah atas timbulnya jerawat,  kecuali kalo kamu emang alergi coklat.
11.  Menarik uban bikin ubannya tambah banyak
Salah! Setiap helai rambut punya akarnya masing-masing. Jadi kalo sehelai rambut ditarik, gak akan berpengaruh pada rambut lainnya, apalagi dalam hal pigmen rambut tersebut.
12.  Rambut tumbuh lebih cepat saat musim panas
Salah! Pertumbuhan rambut gak ada hubungannya dengan cuaca. Hal itu hanya berlaku bagi jenggot cowok , dimana pada musim kemarau jenggot mereka lebih cepat panjang. Tapi ini tidak terjadi pada cewek.
13.  Mewarnai rambut bikin cepat ubanan
Salah! Mewarnai rambut bukan factor penyebab uban. Uban disebabkan karena factor genetis. Efek terburuk dari sering mewarnai rambut hanyalah kerusakan pada batang rambutnya.
14.  Kurang tidur memicu lingkaran hitam di mata
Bener! Saat kurang tidur, pembuluh darah disekitar mata kita jadi letih. Karena kulit dibawah mata cenderung tipis, pembuluh darah ini jadi lebih kelihatan di area tersebut.
15.  Lemon bisa ngilangin noda di wajah
Salah! Noda di wajah disebabkan karena masalah genetic, hormone estrogen, dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Penanganannya pun harus serius, bukan dengan percikan lemon.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang mitos yang harus kamu tau. Kamu boleh sebarin info-info ini ke temen-temen dan mulai sekarang cari tau sumber dan faktanya dulu sebelum kamu ngikutin mitos-mitos yang beredar ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar