Senin, 13 Februari 2012

7 CARA GAMPANG NGERAWAT TANGAN


Dijamin! Waktu sehari semalam pun gak bakal cukup buat nulis semua fungsi tangan. Karena nyaris semua aktivitas kita lakuin pake tangan. Mulai dari nulis, nyisir rambut, sms-an, salaman, de-el-el yang terlalu banyak untuk disebutin disini. Karena tugas-tugasnya yang berat, plis.. jangan cuekin ya? Ayo sayangi tangan kita dengan cara-cara dibawah ini.

            Tangan adalah salah satu organ tubuh kita yang fungsinya banyak banget. Dua tangan yang kita punya ngebantu kita dalam ngelakuin berbagai kegiatan setiap harinya. Gak perlu dijelasin deh, gimana pentingnya fungsi tangan.
            Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, kita’pake’ tangan setiap hari buat ngelakuin berbagai aktivitas. Karena itu tangan harus dirawat. Bukan Cuma bikin tangan kita bersih, tapi juga cantik. Nah, aku bocorin rahasianya. Nih..

1.                  Cuci Tangan
Ritual standar ini adalah syarat wajib kalo kita pengen tangan bersih dan tubuh kita sehat. Karena kadang kita lupa benda kotor apa aja yang udah kita pegang. Bahkan sesuatu yang kelihatan bersih belom tentu gak mengandung kuman. Biasain cuci tangan saat:
·                     Pulang dari bepergian
·                     Abis megang benda kotor, termasuk duit
·                     Sebelum makan
·                     Sesudah makan
·                     Sebelum tidur
2.                  Bersihin Kuku
Kuku adalah bagian dari tangan. Jadi kalo kita pengen tangan kita bersih dan cantik, kuku juga kudu dirawat. Karena bentuk dan struktur kuku bisa berubah (kuku bisa tambah panjang dan tebal-tipisnya bisa berubah), jadi ngerawat kuku termasuk ganpang-gampang susah. Tapi gak usah kuatir, tips-tips yang ini bakal bikin kuku cantik & bersih :
·                     Bersiin kotoran kuku
Kotpran kuku biasanya ada di sudut dan ujung kuku. Jadi bersiin kotoran kuku dengan teliti dan detail, jangan sampe kuku jadi item karena kotoran yang numpuk didalamnya.
·                     Rutin potong kuku
Kuku panjang emang lebih gampang ‘didandanin’. Tapi kalo gak bisa rajin bersiinnya, mendingan enjoy aja dengan kuku pendek. Motong kuku juga ada aturannya loh. Jangan terlalu pendek dan jangan terlalu melengkung motongnya.
·                     Jangan digigit
Demi alasan kesehatan, kebersihan, dan keindahan, jangan biasain menggigit kuku! Kasian kukunya, kasian giginya, dan kasian isi perutnya kalo sampe kemasukan kotoran yang ada dikuku. Just don’t do it, okay!
·                     Bersiin dari kuteks yang menempel lebih dari 2 minggu
Bukan Cuma makanan, tapi kosmetik juga ada masa kadaluarsanya loh. Kalo mau kuku kita tetap sehat, jangan biarin kuteks dikuku kita lebih dari 2 minggu. Segera bersiin dari sisa kuteks supaya kuku kita gak berlama-lama kena bahan kimia.
·                     Sikat permukaannya
Kotoran kuku bukan hanya ada di dalam kuku. Tapi di permukaan kuku pun ada kotoran yang kasat mata. Itu yang bikin kuku kita kelihatan kabur dan gak bening. Jadi kalo mau bersiin kuku, jangan lupa sikat permukaannya ya.
3.                  Pake Pelembab
Supaya tangan dan kuku kita ga kasar, biasain pake pelembab untuk tangan , kuku, dan kulit seputar kuku. Pelembab ini bakal bikin kulit tangan lebih kenyal dan kuku lebih berkilau sehat. Pemakaian pelembab ini penting terutama buat tangan yang sering kena air. Karena kecenderungan kulit jadi kering dan kasar lebih besar.
4.                  Rendam Air Hangat
Untuk tangan yang sangat kotor, cuci tangan pake air & sabun aja gak cukup. Rendsam tangan pake air hangat sekitar 5-10 menit buat ngebasmi kuman sekaligus bikin tangan rileks. Setelah itu bersikan dari kotoran-kotoran yang ada ditangan dan kuku. Ngerendam tangan pake air hangat juga bikin kuku jadi ‘lemes’, jadi lebih gampang di potong.
5.                  Keringin Tangan
Biasain untuk ngeringin tangan abis dicuci. Karena tangan dalam keadaan basah bikin kulit cepat kering dan kotoran lebih gampang nempel lagi. Keringin tangan juga lebih baik pake tisu atau kain dari pada pake mesin pengering yang biasanya disediain di tempat-tempat umum. Karena uap panasnya bikin kulit tangan kepanasan dan pori-pori jadi membesar.
6.                  Sedia Sarung Tangan
Jangan takut dibilang lebay kalo kita kemana-mana bawa sarung tangan. Karena kita gak tau kapan kita bakal bersentuhan dengan kuman dan kotoran diluar sana. Sarung tangan terbuat dari macam-macam bahan. Ada yang plastic, karet, dan kain. Tapi kalo pengen simple, pake aja yang terbuat dari plastic, selain itu bahan ini juga lebih gampang dibersiin dan ringan dibawa ke mana-mana.
7.                  Bersiin Pernak-Pernik Tangan
Gak bisa dipungkiri, cewek emang identik dengan perhiasan di tangan seperti cincin dan gelang. Nah, kalo pengen tangan bersih, pernak-pernik ini juga harus rajin dibersiin, supaya tangan yang udah bersih gak berbaur lagi dengan kotoran yang ada di pernak-pernik ini. Gampang kan?!
Buruan dicoba ya tips-tips rahasia diatas. Kamu pasti gak  sabar kan punya tangan yang halus, lembut, sehat dan bersih?! Selain itu cowok kamu juga bakal nyaman nyium tangan kamu. Hehe.. good luck, gals.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar