Jumat, 10 Februari 2012

FRUIT FOR BEAUTY

Buah-buahan (baca: buah beneran) selain bisa bikin tubuh sehat, juga bisa bikin cantik. So, ga harus ribet kalo kamu kepengen tampil kaya Arumi atau Oki Lukman. Sstt… aku punya daftarnya loh.

Selain ngerawat kecantikan dari luar, kita juga harus menjaganya dari dalam. Contohnya tidur yang cukup, makanan yang baik, banyak minum air putih, dan lain—lain. Makkan buah juga termasuk salah satu agenda merawat kecantikan. Banyak buah yang bermanfaat membantu ngerawat kecantikan dari dalam. Aku udah pilihin 9 jenis yang paling berkhasiat dan gampang ditemuin. Baca deh!
1.    
            Jambu biji = Awet muda
Khasiat jambu biji udah gak diraguin lagi. Buah yang gampang ditemuin ini punya antioksidan yang paling tinggi dari buah-buahan lainnya. Sebuah penelitian di USDA nemuin teori ini. Selain mengandung antioksidan paling tinggi, buah ini juga membantu mencegah penuaan dini dan penyakit. Mau tau kenapa? Karena senyawa-senyawa dalam jambu biji bisa menetralisir toksin-toksin seperti polusi dan asap rokok, sehingga toksin-toksin ini tidak merusak sel.
2.      Buah kiwi = Kulit cantik
Ssst.. tau gak sih? Ternyata hanya dengan makan 1 buah kiwi kita udah dapet 95% angka kecukupan gizi vitamin C yang diperlukan tubuh setiap hari. Vitamin c meningkatkan kolagen, sejenis protein yang menghaluskan kulit dan bikin kuat jaringan penghubungnya. Buah yang kulitnya berbulu juga kaya vitamin E, antaralain berkhasiat melembabkan lapisan permukaan kulit sehingga kulit tampak cerah dan mulus.
3.      Kelapa = Langsing
Kelapa bisa menurunkan berat badan. Ini karena dalam kelapa terkandung lemak khusus yang disebut medium chain triglycerdies (MCT) yang fungsinya meningkatkan energy, menstabilkan gula darah dan membantu mengeluarkan lemak dari liver. Dari fungsinya juga MCT dapat meningkatkan metabolisme pembakaran lemak sampai 50%

4.      Papaya = Anti kembung
Udah lama banget para ahli nemuin bahwa papaya kaya akan papain, sejenis enzim yang membantu memecah protein yang sulit dicerna. Ini mencegah gas dan kembung, serta mengatasi gangguan pencernaan.
5.      Markisa = Tidur nyenyak
Markisa kaya akan vitamin B yang menenangkan dan potassium yang bikin system saraf jadi rileks. Kalo system saraf udah rileks, otomatis kita jadi gak susah tidur. Orang-orang Amerika selatan sangat percaya ini. Secara tradisional, mereka makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah..
6.      Timun = Menyegarkan
Timun berfungsi menyegarkan kulit. Kandungan air di dalamnya bikin kulit lebih kencang dan segar. Makanya sering banget kita lihat orang make timun buat ditempelin ke mata atau kulit wajah. Abis itu dijamin wajah yang capek atau gerah abis di-make up tebel langsung rileks lagi.
7.      Alpukat = Untuk kulit kering
Alpukat kaya akan vitamin, mineral, dan minyak alami. Karena itu buah ini cocok banget buat yang punya kulit kering. Vitamin A,C,E, juga mengandung zat besi, potassium, niasin, asam pantotenik, dan protein bisa jadi pelembab alami buat kulit kamu. Oya, selain buat kulit, alpukat juga bisa dijadiin masker untuk rambut kering. Fungsinya sama, yaitu melembabkan secara alami.
8.      Tomat = Ngilangin noda hitam
Gak banyak yang tau kalo tomat bisa ngilangin noda hitam di wajah. Kandungan dalam tomat bisa ngelindungin kulit dari efek terbakarnya sinar matahari. Selain itu tomat cenderung mempercepat proses penggantian sel-sel kulit mati dengan yang baru, sehingga wajah kelihatan segar bercahaya. Tapi pemakaiannya lebih efektif dalam bentuk masker wajah yang dicampur dengan yoghurt dan madu.
9.      Pisang = Mata bening
Pisang adalah salah satu buah kecantikan yang paling mudah didapat. Khasiatnya juga bervariasi.. mulai dari melembabkan kulit sampe bikin mata bening. Soalnya dalam pisang ada vitamin A yang bagus buat mata, dan lemak yang baik buat kulit.

Nah, gimana? Udah nyadar kan, gimana pentingnya makan buah. Selain enak, bikin kenyang, bikin sehat, bikin cantik lagi. So, gak ada alesan males makan buah lagi ya. Udah saatnya kita jadi cantik dengan cara-cara alami. Selain hemat, murah, gak ada efek samping (kecuali kalo kamu makan buahnya kebanyakan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar