Senin, 13 Februari 2012

BETIS MULUS BEBAS VARISES


Mini skirt atau rok mini adalah salah satu trend fashion yang gak pernah mati. Apalagi buat cewek yang kakinya gak panjang. Pake rok mini bisa bikin kaki mereka kelihatan lebih jenjang. Tapi awas! Kalo ada varisesnya, kita malah dibilang kepedean kalo tetep nekat pake rok mini. Nah, biar betis bebas varises, ada caranya!

Varises adalah munculnya gurat-gurat halus pembuluh darah yang bentuknya seperti jaring laba-laba yang berwarna merah atau biru pekat di kaki. Penyebabnya ada bermacam-macam, yaitu :
1.                  Keturunan
Factor keturunan bisa jadi salah satu penyebab varises. Ini disebabkan karena lemahnya pembuluh darah pada keluarga tersebut, sehingga sangat mudah terkena varises.
2.                  Kebiasaan
Selain factor keturunan, kebiasaan juga bisa jadi penyebab munculnya varises, misalnya kebiasaan berdiri terlalu lama. Karena saat seseorang berdiri terlalu lama, kaki jadi ‘kecapean’ nahan bobot badan. Jadi beban kerja pembuluh darah jadi semakin tertekan, dan aliran darah tidak lancer. Selain itu, kebiasaan make sepatu hak tinggi juga bisa bikin varises. Karena saat make hak tinggi, otot tumit yang berfungsi bantuin kerja pembuluh darah jadi gak maksimal.
3.                  Estrogen Tinggi
Estrogen adalah hormone yang terdapat pada wanita. Kelebihan hormone ini emang bisa bikin varises. Tapi tenang aja, penyebab ini kebanyakan Cuma terjadi pada ibu hamil.
4.                  Kelainan Sistemik
Kelainan sistemik, contohnya kelainan liver juga bisa bikin varises.
5.                  Pertambahan Usia
Semakin tua manusia akan semakin rentan dengan kesehatan, karena organ-organ tubuh tidak lagi berfungsi semaksimal saat masih berusia muda. Dalam hal ini, semakin tua seseorang maka pembuluh darahnya makin tidak elastic dan katupnya melemah. Inilah yang bikin orang tua lebih mudah ngalamin varises.

Sebelum nyari tahu cara ngobatin varises, sebaiknya kita tahu dulu jenis-jenis varises itu sendiri, apakah tergolong ringan atau berat. Berikut ini adalah jenis-jenis varises:

1.                  Spider Navy
Varises jenis ini tergolong ringan. Biasanya terjadi karena kena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, terus-terusan kena sinar matahari, perubahan hormone, keturunan, kebiasaan makanan yang pedas, dan beberapa factor lain.
Varises ini biasanya terdapat di beberapa bagian tubuh seperti wajah, pangkal lengan, paha, lutut, pergelangan kaki, dan tumit.
2.                  Varises Dalam Kulit
Varises jenis ini terjadi didalam kulit, tepatnya didalam pembuluh vena yang halus dan tipis.
Jenis ini setingkat lebih berat dari varises Spider Navy, karena letaknya yang ada didalam kulit bikin dia lebih sulit diobatin.
3.                  Recticular Varicose Veins
varises ini lebih parah dari kedua jenis diatas, karena pusatnya ada dipembuluh darah vena dibagian bawah kulit.
4.                  Varises Kronis
Ini adalah jenis varises yang paling parah. Pada tahap ini, pembuluh darah muncul berkelok kelok di betis dan gak bisa diobati tanpa operasi dengan memotong pembuluh darah yang rusak supaya aliran darah normal lagi.

Varises bukan penyakit yang ringan. Penyakit ini harus segera diobati karena berkaitan erat dengan pembuluh darah kita. Munculnya varises bisa dibarengi sama komplikasi berupa eksema(ruam kulit) yang sangat gatal, pendarahan karena cedera dan pembuluh balik sobek, ulserasi(terbentuknya luka), thrombosis(pembekuan darah pada pembuluh balik
), dan thrombophlebitis(pembekuan darah yang desertai peradangan dinding pembuluh balik). Tuh, serem kan?! Makanya segera obtain varises :
1.                  Make Stoking Khusus
Pake stoking khusus varises, terutama kalo harus berdiri dalam keadaan lama
2.                  Jangan Berdiri Terlalu Lama
Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, keseringan berdiri terlalu lama bikin pembuluh darah  super keras untuk nahan bobot tubuh.
3.                  Konsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah-buahan yang dimaksud antara lain bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, jahe, cabe merah, yang kaya dengan vitamin B kompleks, C, E, B6, magnesium, asam folat, kalsium, dan zink. Makanan-makanan ini bisa merangsang sirkulasi darah sehingga tidak terkumpul di bagian bawah tubuh.
4.                  Latihan Fisik
Lakukan latihan fisik supaya otot kaki kuat dan aliran darah keatas bisa lancar.
5.                  Laser
Untuk jenis varises yang udah tergolong berat, pengobatannya juga lebih berat, misalnya dengan terapi menggunakan laser. Untuk melakukan terapi laser ini konsultasikan dulu sama dokter atau klinik yang nyediain layanan ini.
6.                  Operasi atau Pembedahan
Operasi ini biasanya dilakuin sama dokter bedah vaskuler. Dalam operasi, pembuluh darah yang bermasalah akan dibuang dan ditarik keluar. Operasi ini sebaiknya dilakukan pada kasus varises yang memang udah parah.
7.                  Pengobatan Alternatif
Untuk pengobatan alternatif, biasanya pengobatan dilakukan di klinik-klinik kecantikan. Tahap-tahap pengobatannya pun termasuk simple, misalnya dengan merendam kaki dengan air hangat untuk membersihkan kaki sampai kedalam pori-porinya, trus di peeling agar krim obat yang diolesin meresap, lalu terakhir kaki kita dipijat untuk ngembaliin pembuluh darah yang menggumpal ke tempatnya semula. Tapi tentu saja, pengobatan ini harus dilakuin secara rutin, ga cukup sekali terapi.

Nah, udah tahu kan seluk beluk tentang varises plus cara ngobatinnya. So, buat kalian yang udah terlanjur punya varises, jangan berkecil hati. Cobain deh semua cara diatas, diimbangi dengan gaya hidup yang sehat, dijamin kamu bisa bebas dari seluit dan bangga dengan betis kamu yang indah itu. Sedangkan buat yang belum kena varises, tetap lakukan pencegahan dengan hindarin hal-hal penyebab varises ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar