Senin, 13 Februari 2012

7 CARA NGERAWAT TELINGA DENGAN BENAR


Misalnya nonton film horror atau film action yang banyak adegan kagetnya, tapi volumenya dimatiin (mute), trus dengerin lagu kesayangan tapi gak ada speakernya, jadi Cuma bisa liat liriknya, kebayang kan, gimana rasanya nonton tapi gak ada suaranya? Gak seru banget kan?

Nah, berangkat dari contoh kecil itu kita bisa mikir gimana pentingnya telinga, dan gimana caranya supaya telinga kita tetep berfungsi dengan baik. Mungkin selama ini kita ngebersiin telinga sekedarnya aja, tapi kita gak paham apa yang ada dalam telinga kita, dan gimana cara memperlakukan organ-organ itu dengan baik dan tepat. Kita sendiri bisa ngebersiin telinga, tapi sebelum terjadi mal praktek, cari tau dulu apa aja yang perlu diperhatiin.
Telinga kita terbagi atas 3 bagian, yaitu telinga bagian luar, telingan bagian tengah dan telinga bagian dalam. Telinga luar, terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Kemudian telinga tengah, terdiri atas gendang telinga, 3 tulang pendengaran (martir atau malleus, landing atau incus, dan sanggurdi atau stapes). Muara tuba Eustachi juga berada di telinga tengah dan yang terakhir, telinga dalam, terdiri atas labirin tulang dan labirin membrane.

Cara Bener Ngerawat Telinga
1.                  2x SEHARI
Sebaiknya bersiin telinga setiap mandi. Yang dibersiin adalah telinga bagian luar, yaitu daun telinga. Cukup basahi pake air dan pijat lembut dengan sabun. Setelah itu dibilas lagi sampe bersih, jangan sampe ada sisa sabun yang nempel.
2.                  DOKTER THT
Untuk bagian dalam telinga, sebaiknya jangan dibersiin sendiri, karena berisiko ngerusak liang & gendang telinga. Percayain aja sama dokter TH. Selain punya peralatan-peralatan yang tepat, dokter THT juga lebih tau cara bersiin telinga yang baik.
3.                  TERAPI EAR CANDLE
Sekali-kali atau rutin juga gak papa, lakukan perawatan tradisional buat telinga kita. Contohnya perawatan ear candle, untuk ngangkat kotoran-kotoran dalam telinga. Selain itu, perawatan ear candle juga berfungsi ngilangin insomnia, sinusitis, vertigo, migraine, dan masih banyak lagi.
4.                  HARUS STERIL
Jangan bersiin telinga pake cottonbud atau benda lain yang kita gak tau steril atau enggak. Ini Cuma bikin telinga tambah kotor.
5.                  ANTI BAHAN KIMIA
Posisi telinga yang berdekatan dengan rambut sering bikin telinga ikut-ikutan kena bahan-bahan kimia kalo rambut diwarnai atau disemprotin produk-produk kecantikan rambut. Supaya gak masuk ke dalam liang telinga, tutupin telinga waktu lagi make produk-produk ini.
6.                  ISTIRAHAT KUPING
Luangin waktu untuk istirahatin telinga kita, minimal 1 jam sehari. Bukan Cuma mata, tapi telinga juga bisa capek, lho. Apalagi kalo kita seharian beraktivitas di tempat yang ribut atau suka dengerin music nonstop. Dalam waktu 1 jam itu, jangan ada suara apapun. Bikin suasana sekitar jadi sehening mungkin.
7.                  DON’T TAKE IT TOO LOUD
Dengerin music kenceng-kenceng emang seru. Tapi kita juga harus tau kalo ada batasnya. Kuping kita punya batas kemampuan. Kalo dipaksain, gendang telinga bisa pecah. Jangan terlalu deketin telinga ke speaker, dan selalu pasang volume sewajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar