Senin, 13 Februari 2012

MERAWAT MATA ITU GAMPANG!


Mata bisa dibilang jendela hati. Makanya penting banget buat diperhatiin. Bagian wajah yang satu ini emang suka disepelein nih, saking sibuknya sama ajaran baru, ya? Asal tau aja ya, mata yang indah bisa jadi daya tarik tersendiri, loh. So, jangan sampe ngelupain perawatan mata dong. Kita bahas bareng yuk, gampang kok!

            Pastinya cewek cantik gak Cuma dilihat dari kulitnya yang putih, bersih, atau badannya yang tinggi, langsing de el el, kecantikan cewek juga bisa dilihat dari matanya. Cuma karena merawat mata dengan baik, udah bisa jadi daya tarik kamu. Karna mata gak Cuma sebagai indera penglihatan, tapi juga berguna untuk yang kepentingan lainnya. Mata bisa mengkomunikasikan perasaan seseorang.
            Banyak masalah yang bisa terjadi dengan mata. Mulai dari yang sepele sampe yang berat terjadi dengan mata. Mata yang terlalu lelah pun bisa memberikan efek yang bisa mengurangi penampilan kamu. Membaca atau belajar yang berlebihan sampe mata merasa lelah, akan meninggalkan warna hitam disekitar mata. Begitu juga sebaliknya, mata yang kebanyakan istirahat sama tidak bagusnya. Mata kelihatan sembab. Ada baiknya kamu tau masalah-masalah apa aja yang bisa timbul di mata dan bagaimana cara mengatasinya.

            Mata Bermasalah
            Kantung mata sebenarnya adalah cairan tubuh atau lemak yang gak bisa dibuang dengan sempurna oleh mata. Hal ini cukup mengganggu karena membuat mata kelihatan bengkak. Akibatnya lingkaran kantung mata menjadi hitam. Ada beberapa factor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari factor keturunan, kurang tidur, stress sampe polusi udara. Gak mau kan, kantung mata kamu menjadi hitam .
            Masalah lainnya, adalah kerutan dimata. Kerutan dimata gak Cuma terjadi karna factor umur, karna usianya udah tua. Masalah kerutan dimata juga bisa terjadi dan dialami oleh remaja. Factor utamanya, karna kurangnya kandungan kolagen yang mengurangi elastisitas kulit. Siapa saja bisa mengalami masalah ini. Sinar matahari yang berlebihan dan dehidrasi, bisa menjadi salah satu penyebabnya.

            Kebayang kan masalah yang bisa saja terjadi pada mata kamu. Nah, pastinya gak pengen ngalamin yang begitu, kan? Nah, ada yang bisa kamu lakukan sebelum mata kamu bener-bener bermasalah. Kamu bisa mencegah dan merawat mata. Ada perawatan yang gak harus mahal dan bisa dilakukan dirumah,

1.                  Lindungi Mata dari Sinar Mataharii
Saat kamu beraktivitas di siang hari dan di luar ruangan. Pastikan untuk menggunakan tabir surya atau gunakan eye gel untuk menyegarkan mata. Sebaiknya, menggunakan kacamata yang bisa melinduungi kamu dari sinar ultraviolet, atau bisa dengan memakai paying atau topi.
2.                  Cukup Minum Air putih
Dengan meminum air putih yang cukup, yaitu kira-kira delapan gelas tiap hari, kamu bisa mencegah terjadinya dehidrasi mata dan juga bisa mencegah timbulnya keriput di mata.
3.                  Makan Buah dan Sayuran
Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna banget buat kecantikan mata. Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur, membantu pembentukan kolagen yang bisa menambah elastisitas mata.
4.                  Bersihkan Mata dari Make Up
Kalo kamu habis pergi dan make up-an, jangan lupa bersihkan muka dari bekas make up sebelum tidur. Sisa make up pun bisa menyumbat pori-pori di wajah sampe kulit sekitar mata yang cenderung sensitive.
Untuk membersihkan bagian mata, sebaiknya gunakan pembersih khusus mata. Karna mata, banyak bagian-bagiannya yang sensitive. Atau bisa juga memakai susu murni. Setelah itu, oleskan krim mata yang membantu merawat mata pada malam hari.
5.                  Hindari Mengucek Mata
Kalo tangan kotor, misalnya habis makan ayam bakar, baiknya jangan digunakan mengucek-ucek mata pake tangan kamu. Sebab ini, bisa banget bikin iritasi mata.
6.                  Kompres Mata
Terapi yang satu ini selain murh, manfaatnya banyak. Dengan mengompres mata kamu, menggunakan potongan kentang atau timun selama kira-kira 10 menit, bisa mengurangi lingkaran hitam di mata kamu.
Sementara buat memperlancar peredaran darah pada mata, bisa di kompres dengan es batu. Caranya diusapkan di sekeliling mata. Fungsi es batunya, sebagai antiseptic untuk mata.
Kamu juga bisa menggunakan daun sirih. Caranya masukkan daun sirih ke air panas, dan biarkan uap airnya menghangati mata kamu. Udah itu tetesi mata kamu dengan air sirih itu. Mata kamu bakal segar lagi. Cobain deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar