Senin, 13 Februari 2012

6 MANFAAT PENTINGNYA TIDUR


Kamu semua pasti suka sama rutinitas yang satu ini yaitu tidur. Tidur emang menyenangkan dan enak banget. Tapi nggak sedikit dari kamu yang nggak suka aktivitas yang satu ini. Ada yang lebih milih maen games atau ada juga yang internetan sampe larut malam. Sekedar info nih, tidur itu ternyata penting dan banyak manfaatnya, lho. Mau tau? Yuk baca terus..

Banyak yang beranggapan kalo lagi tidur, kita beristirahat total termasuk amggota tubuh kita. Tapi tahukah kamu apa yang sebenernya terjadi pada tubuh kita pas lagi tidur? Saat tidur, tubuh kita ternyata nggak berhenti bekerja. Malah sebaliknya, badan kita terus beraktivitas dengan intensitas yang hampir sama saat kita sadar atau terbangun. Yang membedakan Cuma jenis aktivitasnya aja.
Tubuh saat tidur, akan berusaha mengoreksi ketidakseimbangan dalam tubuh kita. Diantaranya dengan nyiapin berapa kadar gula darah yang dibutuhkan buat besoknya, memelihara fungsi memoro, dan banyak hal lain lagi. Jadi tubuh kamu nggak berhenti beraktivitas pada saat kamu tidur, tapi tetep bekerja.
Nah, makanya kamu jangan menyepelekan aktivitas yang satu ini. Kalo kamu mau tetep berprestasi disekolah dan tetep cantik pastinya kamu harus tidur yang cukup. Jangan nganggep enteng kegiatan yang satu ini. Berikut ini, ada beberapa manfaat dari tidur yang perlu kamu tahu, yuk dibaca terus..

1.                  Bisa Ngejaga Mood Kamu
Dengan tidur mood kamu bisa terjaga. Kamu jadi nggak gampang ngambek dan nggak cepet emosional juga. Pelajaran disekolah pastinya bisa lebih gampang keterima diotak kamu. Kok bisa? Karna abis bangun          dari tidur tubuh kamu segar lagi. Soalnya otak dan juga hati kamu bisa bekerja lebih baik kalo sudah fresh.
2.                  Menjaga Daya Ingat
Daya ingat penting banget buat semua orang, apalagi buat kamu yang masih aktif disekolah. Kan gak lucu dong masih muda udah pikun. Hih, takut! Kamu gak perlu beli dan minum bermacam multivitamin buat nambah daya ingat kamu. Cukup dengan tidur 8 jam sehari dan ini udah ngebantu otak kamu buat nyimpen materi yang udah dikasih sama guru kamu, lho.
3.                  Menjaga Konsntrasi Kamu
Biar pelajaran yang dikasih sama guru kamu bisa kamu resap dan terima dengan baik, pastinya kamu harus konsentrasi kan? Nggak gampang nyiptain konsentrasi di diri kamu kalo kondisi badan gak fit. Ada yang harus makan makanan tertentu biar konsentrasinya cukup. Nah, sebenernya kamu gak perlu makan-makanan tertentu itu kok. Dengan tidur yang cukup, konsentrasi kamu bisa lebih baik dan kamu bisa berprestasi di sekolah deh.
4.                  Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh dan Saraf
Musim sekarang ini emang lagi kurang bersahabat. Kadang panas mentereng dan tiba-tiba hujan gede banget. Wah, nggak enak banget ya. Dampaknya jadi musim penyakit neh. Kalo kamu nggak pinter-pinter ngejaga tubuh kamu, aktivitas kamu bakalan keganggu. Buat menjaga system kekebalan, kamu mesti manjain tubuh kamu dengan tiduryang cukup. Setelah bangun tidur, tubuh kamu bisa fit dan system saraf kamu bisa bekerja dengan normal lagi.
5.                  Memperbaiki Sel-sel Otak Kamu
Kalo kamu kurang tidur, bisa-bisa kamu merasa ngantuk di siang hari. Wah ini bisa gawat kalo kegiatan di sekolah lagi padet-padetnya. Kamu jadi kurang bersemangat, kurang konsentrasi, mudah tersinggung, dan produktifitas rendah. Nah, keadaan yang kayak gini nih bisa mempengaruhi kemampuan kamu disekolah. Kamu gak mau kan Cuma karna kurang tidur nilai kamu disekolah jadi jeblok. Dengan tidur 8 jam sehari, itu bisa bermanfaat buat memperbaiki sel-sel otak kamu setelah beraktivitas seharian. System tubuh emang perlu istirahat. Tapi jangan lupa sebelum tidur kamu harus minum air putih yang cukup biar kamu nggak dehidrasi. Selain tubuh kamu jadi fresh, wajah kamu bisa makin cantik tentunya.
6.                  Tidur Bikin Lansing
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amrik, menyimpulkan kalo tidur yang kurang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Wah, kok bisa? Penelitian itu dilakukan dengan sampel beberapa cewek berusia remaja. Nah, hasilnya cewek yang tidur 5 jam atau kurang di setiap harinya, bisa bertambah berat badan sampe ½ kg atau lebih selama seminggu. Dan cewek yang tidur selama 6 jam tiap malamnya, bertambah berat badan sampe kurang lebih 1 kg selama seminggu. Nah, kamu nggak mau kan badan kamu jadi melar. Makanya, tidur yang cukup selain kamu tetep langsing, kamu juga bisa berprestasi disekolah!

1 komentar: