Senin, 13 Februari 2012

NGEBERESIN RAMBUT BERMASALAH


Sepele Tapi Penting
Persoalan rambut gak semuanya ribet ada juga masalah rambut yang ringan seperti kusut atau juga kaku, Cuma cara ngeberesinnya pun tetep gak boleh asal.
Rambut Kusut
Gak ada orang yang mau rambutnya kusut, karna memang gak enak dilihat. Biar gampang ngaturnya, pilih sisir yang gigi jarang, trus nyisirnya pelan-pelan. Kalo perlu kasih pelembab atau minyak rambut biar licin dan gak kusut.
Rambut Kaku & Susah Diatur
Soal rambut yang kaku dan susah diatur, coba pake kondisiner seabis keramas. Atau, paling apes, ganti model rambut dengan teknik penipisan atau tekturisasi, biar rambutnya gak terlalu kelihatan kaku.
Rambut Bersih & Rapi
Dari bermacam-macam masalah rambut, banyak juga pilihan cara mengatasinya. Dari yang gampang sampe perawatan dan obat tertentu. Penting banget memberi nutrisi buat rambut dan memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala, tapi yang paling penting menjaga rambut tetep bersih dan rapi.

Gak pake lama, langsung kita bahas aja masalah rambut yang paling mungkin kita alami.
1.      KETOMBE
Penyebab
Ketombe gak Cuma bikin rambut kelihatan kotor tapi juga mengganggu penampilan. Bayangin kalo kamu pake baju hitam, dijamin rontokan ketombenya keliatan banget akibatnya orang-orang jadi ilfil pas ngeliat kamu.
Ketombe muncul karena mikroorganisme yang tumbuh di kepala. Penyebabnya, zat kimia yang masih ketinggalan, misalnya waktu pake shampoo atau minyak rambut. Mikroorganisme begini tumbuh subur di kulit kepala yang terlalu berminyak. Oya, jamur juga merupakan salah satu penyebab tumbuhnya ketombe ya.
Penyebab lainnya karna psoriasis yaitu penyakit radang kulit. Pergantian kulit yang lebih cepat dari biasanya, termasuk kulit kepala yang menimbulkan ketombe. Penyakit lainnya adalah dermatitis seboroik yaitu radang kulit yang menimbulkan munculnya sisik pada kulit kepala.
Cara Ngatasin
Usahain kulit kepala jangan sampe terlalu berminyak. Caranya, keramas yang teratur dan kalo pun harus pake minyak rambut, secukupnya aja. Abis keramas, membilasnya yang bersih bener. sama satu lagi, sisir juga harus bersih. Sisir yang kotor biasanya banyak jamur.
Tiap hari harus minum air putih yang cukup, sama ditambah dengan makan buah dan sayuran yang cukup juga. Makanan dan minuman yang baik ikut membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Ketombe juga bisa diilangin dengan keramas memakai shampoo yang mengandung selenium sulfide atau salicylic acid.
2.      RAMBUT GAMPANG PATAH
Penyebab
Biasanya rambut yang mudah patah karna rapuh. Penyebabnya, karna kekurangan mengkonsumsi protein. Penyebab lainnya yang paling sering, ya waktu nyisir atau menata rambut. Makanya nyisir rambut juga harus hati-hati.
Cara Ngatasin
Kacang-kacangan termasuk kelompok makanan yang baik buat nguatin rambut, dari kacang tanah, kacang almond, polong-polongan, sampe gandum, telur, susu, keju. Cobain nyisir pake sisir kayu atau sisir yang lembut dan nyisirnya juga jangan terlalu kenceng. Buat yang sering pake pengering rambut atau hair dryer, cara pakenya jangan asal biar rambut gak rusak.
3.      RAMBUT BERCABANG
Penyebab
Rambut bercabang biasanya disebabkan karna rambut kering. Rambut jadi kering kalo sering kena pengering rambut. Hair dryer atau curling iron misalnya. Keseringan pake pengering rambut, paling sering jadi penyebab rambut bercabang. Apalagi kalo pakenya pilih yang ada panasnya.
Cara Ngatasin
Biar rambut gak kering dan bercabang, pake pelembab seabis keramas atau sebelum pake hair dryer dan curling iron. Kalo bisa rambut juga jangan kebanyakan kena sinar matahari. Secara rutin, rajin menggunting bagian bawah rambut yang bercabang.
4.      RAMBUT LEPEK
Penyebab
Produksi minyak yang terlalu banyak atau berlebihan biasanya bikin rambut jadi lepek. Lebih parah lagi buat mereka yang rambutnya tipis. Kebanyakan minyak inilah yang membuat rambut jadi gak mengembang.
Cara Ngatasin
Paling sederhana pilih shampoo khusus buat rambut normal atau berminyak, biar minyak dikepala berkurang. Waktu keramas, kulit kepala jangan di gosok terlalu kenceng, karna bisa merangsang produksi minyak meningkat.
5.      KEBOTAKAN
Penyebab
Rambut yang rontok gak lebih dari 100 helai perhari masih bisa dibilang normal. Kalo udah lebih dari itu baru bisa di sebut abnormal. Kalo udah sampe tahap begini, rambut jadi tipis dan bisa menyebabkan kebotakan. Rambut rontok bisa terjadi karna ketombe dan factor hormone. Buat cowok, hormone androgen bisa pecah dan membentuk dehidrotestoteron (DHT). Hormone DHT ini bisa masuk dan membuat folikel rambut menyusut. Folikel rambut itu tabung yang membungkus rambut yang ada selnya, yang hubungannya dengan pertumbuhan rambut, makanya kebotakan lebih banyak dialami cowok. Penyebab lainnya, bisa juga karna demam yang kelewatan tinggi. Banyaknya rambut yang rontok bisa menimbulkan kebotakan. Beberapa kasus, kerontokan rambut karena alopesia, suatu gangguan system kekebalan tubuh. Penderita alopesia mengalami kerontokan rambut di sebagian kulit kepala.
Cara Ngatasin
Pastinya ada yang kurang, yang bisa membuat rambut gampang rontok.cobain banyak makan ikan salmon, hati, sereal, kedelai, pisang, wortel, kembang kol. Sederet bahan makanan ini mengandung zat biotin yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Cara lainnya dengan minum obat yang bisa mencegah terbentuknya DHT dan merangsang pertumbuhan pada pada rambut.  Oya, ada juga yang disebut hair laser, gunanya ningkatin sirkulasi darah dan oksigen ke akar rambut dan menguatkan batang rambut.

6.      UBAN
Penyebab
Kalo buat kakek-nenek atau orang yang udah tua, rambut putih atau uban emang gak mungkin ditto curling iron. Lah, tapi kalo secara umur masih muda? Emang gak bisa didiemin. Soalnya rambut putih gak selalu berarti sudah mati. Kalo sel pigmen berhenti memproduksi melanin, rambut jadi putih.
Orang yang stress, tubuhnya akan mengeluarkan hormone yang mengambil vitamin B12 yang ada ditubuh, dan akibatnya produksi pigmen rambut terganggu dan rambut bisa memutih.
Factor lainnya, karna factor genetic atau factor keturunan, kelainan imunitas tubuh, kelainan metabolisme, atau penggunaan zat kimia cat rambut, atau shampoo bersulfur. Zat kimianya meresap ke pori-pori rambut, trus mengganggu terbentuknya warna hitam dirambut.
Cara Ngatasin
Paling sederhana makan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 karna vitamin ini bisa menahan munculnya uban. Susu, telur, atau daging berwarna merah banyak mengandung vitamin B12. Oya, konon rokok juga bisa bikin rambut jadi putih, makanya gak usah merokok yah.
Suntik melanin merupakan salah satu singkat membuat rambut gak jadi putih. Sementara yang paling simple, dengan menyemir rambut. Cuma perlu hati-hati juga, menyemir rambut bisa menimbulkan alergi buat orang-orang tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar